Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Lari Atau Jogging Saat Sore Hari

Kita manusia adalah makhluk dengan sejuta rutinitas harian, sehingga susah untuk meluangkan waktunya untuk melakukan olahraga. Bahkan untuk lari atau jogging yang tidak membutuhkan alat dan tempat yang khusus sekalipun kita susah untuk melakukannya, benarkan?

Lari atau jogging dapat kita lakukan dimana saja dan kapan saja seperti di halaman rumah, lapangan terbuka, jalanan sepi, dll. Pada waktu pagi, siang hari, dan sore hari kita bebas melakukannya untuk kesehatan.

Manfaat dari olahraga lari atau jogging bisa kamu dapatkan saat melakukannya dengan cara konsisten, maka kamu dapat memilih waktu sore hari. Meski belum ada penelitian yang menyebutkan lari sore lebih baik dari pada waktu lain, setidaknya kamu dapat merasakan manfaat seperti berikut ini.

1. Peforma lebih

Suatu penelitian mengatakan peforma tubuh kita meningkat pada waktu sore hari, ketika pukul 4 sampai 5 petang, tidak menutup kemungkinan juga hingga pukul 7 malam. Pada waktu tersebut adalah puncak peforma tubuh kita, sehingga akan lebih efektif untuk melakukan olahraga, termasuk lari dan jogging.

2. Meredahkan rasa stres

Bekerja dan melakukan aktivitas seharian tentu saja mengakibatkan stres pada diri kita, baik dari tekanan ataupun rasa khawatir dalam diri kita. Lari atau jogging saat sore hari bermanfaat untuk memproduksi hormon endorfin, hormon ini yang berperan penting untuk meredahkan rasa stres dalam diri kita.

Hormon endorfin juga mampu memicu munculnya energi positif dalam tubuh kita, yang kita dapat dari kepuasan dan kebahagiaan setelah melakukan aktivitas lari atau jogging pada sore hari. Hormon ini mirip dengan obat penenang, sehingga kita dapat membebaskan pikiran dari berbagai masalah, guna meningkatkan suasana hati yang lebih positif.

3. Memaksimalkan kualitas tidur

Pada poin pertama kita telah menyinggung tentang peforma tubuh, dengan demikian kita akan merasakan manfaat untuk tidur yang lebih nyenyak pada malam hari. Kualitas tidur akan meningkat dan terhindar dari kebiasaan bangun pada saat malam hari.

4. Mencegah risiko cedera saat lari

Sore hari adalah waktu dimana detak jantung dan tekanan darah seseorang cenderung lebih rendah. Selain itu otot-otot pada tubuh kita juga lebih fleksibel, sehingga berlari pada saat sore hari dapat meminimalisir risiko cedera pada saat lari.

5. Paparan terik sinar matahari

Sore hari adalah waktu matahari terbenam, sehingga suhu panas matahari cenderung lebih rendah dibandingkan saat pagi atau siang hari. Dengan demikian kita akan merasa lebih nyaman berlari pada saat sore hari dan terhindar dari paparan sinar matahari yang terik.

Sesibuk apapun aktivitas kita, ada baiknya untuk tidak meninggalkan olahraga seperti lari atau jogging. Karena jenis olahraga tersebut tidaklah susah untuk diaplikasikan pada kehidupan kita sehari-hari.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kamu dapat melakukan aktivitas olahraga ini dimana saja dan kapan saja tanpa memerlukan biaya, tenaga, dan tempat khusus. Jadi tetap berolahraga dan menjaga kesehatan ya.

Pemuda Tangguh
Pemuda Tangguh Terima kasih telah meluangkan waktu. Share jika artikel ini bermanfaat

Posting Komentar untuk "Manfaat Lari Atau Jogging Saat Sore Hari"

Berlangganan via Email