Apakah Pasta Gigi Baik Untuk Kulit dan Wajah? - Sebelahblog

Apakah Pasta Gigi Baik Untuk Kulit dan Wajah?

Apakah Pasta Gigi Baik Untuk Kulit dan Wajah

Kita tahu pasta gigi atau odol biasanya digunakan untuk membersihkan gigi, tapi apakah pasta gigi baik digunakan untuk kulit dan wajah? Apa efek sampingnya?

Banyak orang yang menggunakan pasta gigi sebagai pembersih wajah dari kotoran dan jerawat di bagian wajah. Mereka melakukan hal tersebut karena berdasarkan saran dari website terkenal dan rekomendasi teman, tanpa memikirkan efek samping yang dapat ditimbulkan.

Seharusnya kita menggunakan sesuatu alat atau bahan sesuai dengan kegunaannya. Pasta gigi adalah bahan yang digunakan untuk membersihkan gigi, bukan wajah. Wajah dan kulit tentu memiliki perbedaan, misalkan perbedaan lapisan pelindungan keduanya.

Dari pembahasan singkat diatas, kita dapat menyimpulkan pasta gigi tidak dianjurkan sebagai produk kecantikan kulit dan wajah. Untuk lebih jelasnya, berikut kita bahas alasannya.

1. Kulit Wajah Terkelupas

Pernah tidak kamu merasakan mulut dan gigi terasa kering sesaat setelah menyikat gigi? Hal yang sama juga akan terjadi pada kulit dan wajah. Pada pasta gigi terdapat kandungan fluoride yang mengakibatkan kulit terasa kering.

Meski dapat memutihkan kulit seperti halnya memutihkan gigi. Pasta gigi jelas tidak baik digunakan untuk perawatan kecantikan, karena akan membuat kulit menjadi kering dan terkelupas.

2. Pemicu Jerawat Semakin Parah

Banyak orang yang mencoba dan membuktikan pasta gigi mampu menghilangkan jerawat secara instan, tapi tahukah kamu pasta gigi bersifat comedogenik. Karena sifat tersebut pasta gigi akan menimbulkan masalah kulit baru dan menyumbat pori-pori serta akan mengiritasi kulit wajah.

Untuk menghilangkan jerawat, gunakanlah peralatan kecantikan yang khusus difungsikan untuk membasmi jerawat. Atau kamu bisa mencoba cara alami untuk menghilangkan jerawat.

3. Pori-pori Semakin Membesar

Pasta gigi pada umumnya mengandung kadar alkohol. Menurut studi Journal of Hospital Infection alkohol tidak memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Kulit akan sulit menyimpan air dan lapisan kulit terkikis saat di oleskan alkohol.

Selain membuat pori-pori membesar, bagi kamu yang memiliki kulit berminyak dan sensitif, alkohol akan membuat kulit dengan cepat mengering.

4. Timbul Efek Terbakar

Efek terbakar biasanya terjadi pada orang yang memiliki kulit yang sensitif. Seperti yang kita tahu pasta gigi memiliki kandungan yang terlalu keras untuk wajah. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, penggunaan pasta gigi tentu akan memicu masalah  pada kulitmu.

Jadi, bagi kamu yang memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya hindari penggunaan pasta gigi sebagai produk kecantikan alami.

5. Iritasi Kulit

Sebenarnya baik itu kulit yang sensitif atau tidak, akan memiliki resiko terkena iritasi akibat penggunaan pasta gigi sebagai produk kecantikan. Tapi lebih rentan terjadi pada orang yang memiliki kulit sensitif.

Adapun gejala kulit sedang mengalami iritasi di antaranya kemerahan, terasa panas, kulit berubah warna menjadi kemerahan, bahkan timbul luka pada wajah.

Nah, itulah beberapa dampak dari penggunaan pasta gigi pada kulit wajah. Gunakanlah produk kecantikan yang sesuai dan dianjurkan untuk wajah, atau kamu bisa menggunakan bahan alami untuk mempercantik dan membersihkan kulit wajah.
Admin
Admin Terima kasih telah meluangkan waktu. Share jika artikel ini bermanfaat

Tidak ada komentar untuk "Apakah Pasta Gigi Baik Untuk Kulit dan Wajah?"

SUBSCRIBE