8 Macam Hewan Penular Penyakit Berbahaya Lewat Interaksi - Sebelahblog

8 Macam Hewan Penular Penyakit Berbahaya Lewat Interaksi

Macam Hewan Penular Penyakit Berbahaya Lewat Interaksi

Hewan seringkali dianggap sebagai penular penyakit berbahaya, baik itu lewat interaksi udara ataupun secara langsung. Meski begitu, kebanyakan manusia tidak menghiraukan hal tersebut, sebagian manusia bahkan menjadikan hewan sebagai peliharaan.

Meski di jaman sekarang hewan dapat dikendalikan dengan vaksin, itu bukanlah jaminan untuk penular-an penyakit pada manusia.

Sudah banyak kasus yang disebabkan oleh penular-an penyakit dari hewan kemanusia, termasuk yang baru terjadi belakangan ini. Dimana coronavirus (COVID-19) yang di duga berasal dari hewan-hewan yang dikonsumsi masyarakat tiongkok di wuhan.

Lantas apa saja hewan penular penyakit berbahaya itu? Berikut 8 daftarnya agar kita dapat lebih berhati-hati dan merawat dengan betul hewan peliharaan kita.

Monyet Macam Hewan Penular Penyakit Berbahaya Lewat Interaksi

1. Kera dan Monyet

Sebagian orang menganggap memelihara primata ini adalah hal lumrah, namun siapa sangka pakar dan peneliti mengatakan kera dan monyet adalah salah satu hewan penular penyakit dan pembawa virus seperti Herpes B.

Meski masih jarang terjadi, kera dan monyet yang terinfeksi virus Herpes B dapat menularkannya ke tubuh manusia melalui air liur karena gigitan atau mengkonsumsi hewan tersebut. Herpes B bisa menyebabkan ensefalitis dan pembengkakan otak pada penderitanya.

Kelinci Macam Hewan Penular Penyakit Berbahaya Lewat Interaksi

2. Kelinci

Anak-anak bahkan orang dewasa banyak sekali menjadikan kelinci sebagai hewan peliharaan. Meski dianggap menggemaskan, hewan ini bisa menularkan penyakit taluremia yaitu penyakit pernapasan serius.

Talumernia atau demam kelinci ini menimbulkan gejala seperti menggigil, demam mendadak, lemah dan nyeri sendi. Tidak jarang orang yang terinfeksi bisa berisiko kesulitan bernafas dan pneumonia (radang dibagian organ paru).

Burung Macam Hewan Penular Penyakit Berbahaya Lewat Interaksi

3. Burung

Mendengar nama burung pastilah kita akan mengingat kasus flu burung yang telah banyak terjadi seluruh dunia. Sama seperti kebanyakan jenis flu pada hewan-hewan lain, flu pada burung disebabkan oleh virus H5N1.

Virus H5N1 yang ditularkan burung sangatlah berbahaya bagi manusia, tercatat sejak tahun 1997, ada lebih 120 juta burung diseluruh dunia yang terinfeksi. Gejala yang diakibatkan oleh flu ini adalah gangguan pernapasan, demam tinggi dan masalah pada perut.

Lebih dari 300 orang meninggal sejak 2003 akibat dari virus H5N1 yang dibawa oleh burung, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Selain burung, hewan unggas lain seperti ayam dan bebek juga dipercaya dapat menularkan penyakit ini.

Anjing Macam Hewan Penular Penyakit Berbahaya Lewat Interaksi

4. Anjing

Hewan yang satu ini memang sangat banyak dipelihara manusia karena setia dan memiliki kecerdasan dibandingkan hewan peliharaan lainnya, ternyata hewan ini bisa menjadi musuh yang dapat membunuh manusia.

Penyakit paling umum kita ketahui dari hewan yang satu ini ialah rabies, namun tahukah kamu selain rabies, hewan ini juga dapat menularkan parasit lain seperti cacing gelang dan kutu. Tentu saja jika tertular penyakit dari hewan ini dan tidak ditangani secepat mungkin, akan berakibat fatal.

Tikus Macam Hewan Penular Penyakit Berbahaya Lewat Interaksi

5. Tikus

Setelah beberapa bulan novel coronavirus (COVID-19) pada tahun 2019 menggemparkan seluruh dunia, muncul pula virus yang disebut hantavirus setelah diteliti virus ini dibawa dan ditularkan oleh hama tikus.

Selain hantavirus masih banyak penyakit yang dapat dibawa oleh hewan satu ini diantaranya tifus, kerusakan ginjal, dan penularan bakteri lainnya. Tikus juga diketahui sebagai hewan yang paling banyak menularkan penyakit, sehingga banyak dimusnahkan.

Kelelawar Macam Hewan Penular Penyakit Berbahaya Lewat Interaksi

6. Kelelawar

Meski hewan ini diduga sebagai penular coronavirus (COVID-19) teryata virus ini juga dapat menyebabkan rabies pada manusia.

Rabies dibawa kelelawar melalui kontak dengan hewan seperti anjing, kucing, serigala, rakun, dll.

Seperti yang kita singgung pada penyakit yang dibawa oleh anjing, rabies mempengaruhi sistem saraf, halusinasi, kebingungan, kesulitan menelan, dan kelumpuhan persial. Jika tidak segera ditangani, akan sangat berakibat fatal dan menyebabkan kematian.

Sapi Macam Hewan Penular Penyakit Berbahaya Lewat Interaksi

7. Sapi

Mungkin kamu bertanya-tanya, loh kenapa sapi malah dipelihara kalau bisa menularkan penyakit? memang inilah kenyataannya. Sapi erat keterkaitannya dengan penyebaran penyakit, diantaranya infeksi salmonela, infeksi E coli, dan ensefalitis.

Penyakit tersebut tidak terlalu berbahaya untuk hewan, namun bagi manusia penyakit tersebut bisa sangat berbahaya bagi manusia bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Kucing Macam Hewan Penular Penyakit Berbahaya Lewat Interaksi

8. Kucing

Satu lagi hewan yang paling dekat dan sering dipelihara manusia, salah satu penyakit yang dibawa oleh kucing iyalah taksoplasma.

Tarkoplasma tertular ke manusia melalui kontak dengan kotoran kucing yang dapat mengakibatkan kerusakan pada otak, mata, dan organ lainnya.

Itulah beberapa macam hewan penular penyakit berbahaya untuk kesehatan, selalu ingat jaga kebersihan dan lingkungan. Sehingga hewan peliharaan kita juga terhindar dari penularan penyakit yang dapat membahayakan diri.
Admin
Admin Terima kasih telah meluangkan waktu. Share jika artikel ini bermanfaat

Tidak ada komentar untuk "8 Macam Hewan Penular Penyakit Berbahaya Lewat Interaksi"

SUBSCRIBE