Tanda-tanda adanya masalah kehamilan dan bayi dalam kandungan - Sebelahblog

Tanda-tanda adanya masalah kehamilan dan bayi dalam kandungan

Tanda-tanda adanya masalah kehamilan dan bayi dalam kandungan

Selama kehamilanan,  kadang tidak sadar akan adanya tanda-tanda masalah pada bayi dalam kandungan. Biasanya hal ini dialami oleh ibu yang baru merasakan hamil pertama kali.

Bahkan ketika ibu mengalami gejala penyakit seperti flu dan batuk, akan dianggap sebagai penyakit ringan pada saat kehamilan. Tidak jarang dokter juga kurang memperhatikan hal tersebut.

Beberapa tanda-tanda adanya masalah pada kehamilan berikut ini bukan untuk membuat anda takut, tapi sebagai pembelajaran agar lebih peka dan hati-hati demi kehadiran sibuah hati yang sehat tanpa kekurangan apapun.

1. Terjadi Pendarahan

Pendarahan adalah hal yang menakutkan bagi seorang ibu hamil, meski tidak semua pendarahan sebagai tanda adanya masalah kehamilan

Ibu hamil biasanya tidak mengalami pendarahan pada saat kehamilan dan umumnya pendarahan yang mengeluarkan banyak darah, ialah pendarahan yang berbahaya. Hal ini kemungkinan disebabkan abrupsio plasenta atau terlepasnya plasenta dari rahim.

Segera konsultasi ke bidan atau dokter kandungan terdekat agar dapat mengetahui abrupsio plasenta yang anda rasakan berada pada stadium berapa.

2. Janin diam tidak bergerak

Pergerakan bayi biasanya mulai aktif dan dirasakan pada usia 28 minggu kehamilan, salah satu ciri kandungan yang sehat adalah bayi aktif bergerak.

Contoh pergerakan pada kandungan adalah bayi menendang-nendang, namun hal yang perlu diwaspadai adalah ketika bayi diam dan tidak menandakan adanya pergerakan dalam perut.

Segeralah periksakan kandungan ke dokter terdekat untuk dilakukan scan USG dan mempelajari apa yang terjadi pada bayi.

3. Berat badan naik secara drastis

Dokter pasti menyarankan untuk mengurangi karbohidrat dan gula untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti macrosomia atau memiliki bayi yang terlalu besar, sehingga mempersulit proses mengeluarkan bayi nantinya.

Mengontrol pola makan saat masa kehamilan adalah cara untuk memulihkan berat badan pasca melahirkan. Hindari makan berlebih atau dua porsi dengan alasan makan untuk dua orang.

4. Kram lebih dari dua kali

Ibu hamil biasanya sudah tidak merasakan kram seperti sedang haid. Namun jika anda merasakan kram lebih dari sekali saat kehamilan, bisa jadi itu sebuah tanda masalah pada kehamilan.

Segera cek ke dokter kandungan atau bidan untuk mengetahui apa ada masalah yang terjadi pada kehamilan.

5. Darah Tinggi

Darah tinggi adalah penyumbang kematian pada masa kehamilan. Ketika mengalami darah tinggi, kinerja pembuluh darah akan terbatas dan berdampak kurangnya suplai oksigen pada bayi di dalam kandungan.

6. Detak jantung bayi

Pada saat melakukan USG detak jantung bayi akan dicek untuk memastikan normal atau tidak, jika detak jantung bayi tidak normal bisa menandakan ada masalah pada kehamilan seperti plasenta abnormal atau ada masalah pada tali pusar bayi.

Nah itulah beberapa tanda-tanda masalah pada kehamilan, segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit atau klinik terdekat jika mengalami gejala yang tidak biasa untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Admin
Admin Terima kasih telah meluangkan waktu. Share jika artikel ini bermanfaat

Tidak ada komentar untuk "Tanda-tanda adanya masalah kehamilan dan bayi dalam kandungan"

SUBSCRIBE