7 Tips Bagaimana Agar Anak Terhindar dari Kuman dan Penyakit - Sebelahblog

7 Tips Bagaimana Agar Anak Terhindar dari Kuman dan Penyakit

Sampul Tips Bagaimana Agar Anak Terhindar dari Kuman dan Penyakit

Ibu pasti sangat bahagia melihat anak-anak yang aktif dan kadang luput dari kekhawatiran terhadap kuman dan penyakit yang menyertai sianak tersebut.

Mengapa anak-anak lebih rentan terkena penyakit? Pastilah ini menjadi pertanyaan bagi setiap banyak orang, termasuk seorang ibu.

Hal utama yang menyebabkan anak-anak lebih cepat terkena penyakit diantaranya adalah karena sistem kekebalan tubuhnya yang masih belum sempurna. Apalagi pada saat ini melihat perubahan siklus lingkungan, seperti kata iklan sabun di televisi, kini kuman berubah menjadi semakin kuat.

Selain kuman berubah menjadi lebih kuat, ukuran kuman seperti virus, bakteri, jamur dan protozoa yang sangat kecil pula lah yang membuat kita tidak bisa melindungi sianak dengan maksimal, apalagi mengingat sianak sedang dalam masa aktif-aktifnya bergerak dan bereksperimen.

Karena kekhawatiran kita yang besar terhadap buah hati, maka kita mencari cara agar anak terhindar dari kuman dan penyakit. Berikut tips dan ulasannya:

Cuci Tips Bagaimana Agar Anak Terhindar dari Kuman dan Penyakit

1. Ajarkan sejak dini untuk rutin mencuci tangan

Mungkin hal ini tidak berlaku hanya untuk anak-anak saja, tapi pada kasus ini anak-anak harus lebih sering mencuci tangan.

Mengingat sistem kekebalan tubuhnya yang belum sempurna, hal ini agar sianak terhindar dari bakteri seperti staphylococcus aureus yang menimbulkan infeksi pada kulit dan saluran pernafasan anak. Meski ada beberapa bakteri yang tidak mempan dengan antibiotik tertentu yaitu MRSA (Metchillin-resistant Staphylococcus aureus).

Setidaknya kita mengajarkan betapa pentingnya menjaga kebersihan diri kepada anak agar terhindar dari kuman dan penyakit.

Mandi Tips Bagaimana Agar Anak Terhindar dari Kuman dan Penyakit

2. Mandi secara teratur 2x dalam sehari

Anak-anak pada umumnya sangat susah bila disuruh untuk mandi, padahal point ini sama pentingnya dengan point pertama sebelumnya, yaitu menjaga dan melindungi kulit terhindar dari kuman dan penyakit.

Cobalah selalu menemani anak mandi bersama, agar anak dapat mandi sambil bermain dan hindari mandi terlalu lama, karena akan menimbulkan penyakit baru masuk angin.

Vaksin Tips Bagaimana Agar Anak Terhindar dari Kuman dan Penyakit

3. Vaksinasi secara tepat waktu

Vaksinasi adalah cara terbaik melindungi anak dari serangan kuman dan penyakit, maka dari itu segera vaksinasi anak sesuai jadwal vaksinasi dan tentunya secara teratur dan tepat waktu.

Lakukan vaksinasi khusus, yaitu vaksinasi flu setiap tahun, selain dari vaksinasi wajib guna membantu sistem kekebalan tubuh sianak dari virus.

Jangan lupa pula konsultasi dengan dokter tentang vaksinasi untuk sianak dan keluarga.

Makanan Tips Bagaimana Agar Anak Terhindar dari Kuman dan Penyakit

4. Hindari Makanan yang sudah jatuh

Jangan percaya dengan mitos makanan yang sudah jatuh, dimana makanan akan tetap baik dikonsumsi sebelum 5 detik atau bahkan 5 menit.

Bakteri akan langsung menempel pada benda apa saja yang menyentuhnya pada saat itu juga. Bayangkan jika makanan yang jatuh tersebut jatuh tepat berada ditempat bakteri yang berbahaya berada? Tentu langsung menempel pada makanan dan masuk ke sistem pencernaan sianak melalui mulut.

Rumah Tips Bagaimana Agar Anak Terhindar dari Kuman dan Penyakit

5. Bersihkan rumah secara teratur

Lantai adalah prioritas utama untuk dibersihkan, selain karpet. Karena 90% anak akan bermain dilantai atau karpet rumah. Selain itu jangan lupa bersihkan kasur dan perabotan rumah tangga lainnya.

Hal ini tentu dilakukan untuk menghindari debu atau bulu hewan yang menempel, terhirup oleh sianak dan mengakibatkan penyakit pada sistem pernafasan atau yang lebih parah lagi.

Ingatlah selalu membuka jendela pada siang hari untuk mengganti sirkulasi udara.

Jaga Kontak Tips Bagaimana Agar Anak Terhindar dari Kuman dan Penyakit

6. Jaga kontak dengan orang sakit

Sebaiknya jagalah kontak langsung dengan anak jika kamu sedang sakit, meski anak pada usia balita masih terlihat menggemaskan, tahan selera untuk memeluk atau mencium sianak.

Selain menjaga kontak, gunakanlah masker jika kamu sebagai orang tua sedang sakit. Hal ini bertujuan untuk menghindari penularan kuman atau virus melalui cairan bersin.

Sikat Gigi Tips Bagaimana Agar Anak Terhindar dari Kuman dan Penyakit

7. Periksakan kebersihan gigi anak

Dengan kebiasaan dan kegemaran anak akan makanan yang manis-manis, tentu saja menjadi masalah yang serius. Makanan manis akan membuat gigi anak menjadi tempat bersarangnya berbagai macam kuman dari sisa-sisa makanan yang dimakannya.

Ajarkanlah anak untuk merawat gigi sejak dini dengan cara menggosok gigi sebelum dan sesudah bangun tidur. Jika anak malas membersihkan gigi, lakukan lah secara bersama-sama, agar mereka mau menjaga kebersihan giginya.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu praktikkan dirumah agar anak terhindar dari kuman dan penyakit. Jika anak memiliki sistem kekebalan tubuh yang tidak baik, segera dan lakukanlah pemeriksaan sesering mungkin ke dokter terdekat.
Admin
Admin Terima kasih telah meluangkan waktu. Share jika artikel ini bermanfaat

Tidak ada komentar untuk "7 Tips Bagaimana Agar Anak Terhindar dari Kuman dan Penyakit"

SUBSCRIBE